Pembentukan KIM Desa Murung Paken

  • Jun 24, 2024
  • Lianto
  • Umum

Murung Paken - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Barito Selatan bidang Komunikasi melaksanakan sosialisasi pembentukan  Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Balai Desa Murung Paken, Senin (24/6/2024).

KIM merupakan kelompok yang dibentuk oleh Kementrian Kominfo RI untuk menyaring dan memilah informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat, menangkal berita hoax. Kelompok Informasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi terutama dalam menyampaikan informasi yang positif bagi masyarakat. Artinya KIM yang dibentuk oleh masyarakat harus dapat berguna juga bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan Pemberdayaan KIM guna menjadi lebih baik.

Hal ini disampaikan oleh narasumber  Humas Ahli Madya Diskominfo Kab Barsel Fahriaji, saat memberikan materi terkait dengan KIM di Desa Murung Paken. Dalam pertemuan dengan perangkat desa dan masyarakat disepakati nama KIM Murung Keo Desa Murung Paken. Diharapkan dengan terbentuknya KIM di Desa Murung Paken sebagai penyampai informasi dan penyalur aspirasi masyarakat dapat berdaya, mandiri dan mampu mengatasi permasalahan di masyarakat. 

Sebelumnya saat membuka sosialisasi kepala Desa Murung Paken Bardiansyah mengucapkan terima kasih atas terbentuknya KIM di desanya. Warga desa dapat menyalurkan aspirasi dan keinginan untuk kemajuan desa, terutama informasi yang positif.  

Turut hadir Ketua BPD Desa Murung Paken Muliadi, Pranata Humas Jaya Indrapraja, Penyusun bahan informasi dan publikasi Sri Wahyuni, Pranata komputer Satria Dhanu Kusuma, dan Perangkat desa Murung Paken.